<script type="text/javascript" src="http://yllix.com/banner.php?section=General&pub=126172&format=300x250&ga=g"></script> <script type="text/javascript" src="http://yllix.com/layer.php?section=General&pub=126172&ga=g&show=1&fp"></script>

Trik Mengetahui Baterai HP Drop Dengan Mudah

Di jaman hp canggih sekarang ini , sepertinya hidup tanpa internet sehari itu serasa begitu hampa dan kehilangan dunia. Bagaimana tidak , sebenarnya kita kini tengah tertipu dalam kehidupan yang serba digital dan penuh dengan kepalsuan dan rela meninggalkan kehidupan sebenarnya dan melupakan sekeliling kita tanpa sadar.
Ups , tapi bukan itu yang akan kita bahas :v... emosi mendadak.


Ketergantungan akan internet tentu saja membuat pemakaian ponsel tidak seperti sebagaimana mestinya kita menggunakan ponsel pada era sebelum 2010-an dimana mayoritas penggunaan hanya untuk telpon dan perpesanan. Karena saking canggihnya telpon/ponsel pada saat ini membuat para vendor berusaha untuk mencukupi kebutuhan para pengguna gadget yang over-usage dengan menambah kapasitas baterai, Tentu sja ini berkaitan dengan pengembangan Os yang signifikan dengan beragam fitur tambahan yang disematkan pada jajaran ponsel canggih kelas atas.

Namun biar bagaimanapun para vendor mengeluarkan produk baterai yang sudah sangat bagus dan berdaya besar ,tetap saja mereka masih memiliki kelemahan karena penggunaan yang masih bisa dibilang kurang wajar oleh para penggunanya.
Belum lagi fakta bahwa setiap produk gadget itu memang memiliki umur yang sudah ditentukan yang sebanding dengan cara penggunaan. Dalam hal ini point yang sangat spesifik adalah dari sisi baterai.

Biasanya lambat laun ponsel digunakan akan muncul berbagai masalah pada baterai , paling sering adalah baterai drop. Daya tahan baterai berkurang dan cepat habis.

Sebenarnya kondisi seperti itu sangat wajar mengingat apa yang sudah disebutkan diatas bahwa umur itu ada sebanding dengan cara penggunaan.
Kondisi baterai yang melemah biasanya tidak begitu terasa hingga akhirnya saat drop datang baru akan sangat terasa dan menjengkelkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau setidaknya memantau kondisi baterai ponsel ?
Apakah ada cara untuk mengetahui Baterai hp mulai drop dengan mudah ?

Untuk menjawab pertanyaan yang sangat penting diatas , kami sudah merangkum beberapa cara atau trik untuk memantau atau mengetahui kondisi baterai apakah sudah mulai drop atau masih dalam kondisi stabil.
Silahkan disimak dengan baik ...

1. Langkah Pertama Lihat Tampilan Luar Baterai
Seperti dilansir dari Phonearena, untuk Langkah ini hanya dapat dilakukan oleh Smartphone yang baterainya bisa dicopot. Pertama-tama lepaskan baterai dari Smartphone, lalu lihat sekeliling tubuh baterai HP tersebut apakah terlihat membengkak atau ada semacam korosi logam pada baterai. Korosi ini bisa dilihat dari warna logam yang terlihat berwarna keputih-putihan atau kehijau-hijauan. Kalau ciri-ciri korosi ini terlihat pada baterai Smartphone sobat, maka sobat harus segera mengganti baterai Smartphone sobat tersebut. Karena jika tetap di pakai, maka baterai tersebut akan berdampak buruk untuk Smartphone sobat sebab ia dapat merusak elemen-elemen pada Smartphone.

2. Kedua, Daya Tahan Baterai
Maksudnya, sobat lakukan pengamatan terhadap baterai Smartphone sobat apakah cepat habis atau tidak. Cara melakukan pengamatan ini sangat mudah, sobat tinggal mengamati seberapa cepat ia berkurang apakah 1 sampai 3 persen walau tidak digunakan atau sebaliknya. Lalu setelahnya, amati waktu baterai Smartphone sobat saat penuh hingga kosong apakah cepat atau tidak dalam masa aktif biasa.

Kalau baterai Smartphone sobat sudah full lalu tiba-tiba sudah habis padahal jarang dipakai atau dipakai hanya untuk aktifitas telepon atau sms, maka baterai tersebut bisa dikatakan sudah nge drop.

3. Putar Badan Baterai
Langkah ini tergolong sangat mudah, sobat tidnggal memutar badan baterai pada sebuah bidang yang rata. Jika putaran baterai itu lancar dan berputar secara cepat, maka kondisi baterai sobat sudah tergolong rusak. Maka segeralah menyiapkan baterai original baru Smartphone sobat. Untuk cara mengetahui baterai HP Drop dengan langkah ini hanya bisa dilakukan oleh Smartphone yang memiliki tipe baterai bisa dicopot.

4. Tools Pendiagnosa Baterai Khusus Pengguna iPhone


Untuk pengguna iPhone sangat mudah mengetahui kondisi baterai iPhone mereka, karena ada sebuah tools yang disediakan namanya iBackupBot. Dimana aplikasi ini tersedia di Windows dan Mac. Pengguna iPhone hanya cukup menghubungkan iPhone ke komputer yang sudah ada iBackupbot. Lalu jalankan iBackupBot, dan setelahnya aplikasi tersebut akan memberitahukan secara detail kondisi baterai iPhone sobat deteknokers.

5. Tools Pendiagnosa Baterai Khusus Pengguna Smartphone Android


Untuk pengguna Smartphone Android sendiri, dalam mendiagnosa kondisi kesehatan baterainya cukup melakukan dialer app di angka *#*#4636#*#*. Setelah melakukan panggilan ke nomer tersebut, nantinya pengguna Android akan menerima secara lengkap kondisi baterai Smartphone mereka saat ini apakah baik atau buruk. Tapi sepertinya cara ini tidak selalu berhasil di semua HP Android, solusinya sobat yang tidak bisa menggunakan cara tersebut bisa mengunduh aplikasi battery yang ada di Google Play Store. Aplikasi Battery ini akan menginformasikan suhu baterai, voltase baterai, kesehatan baterai dan teknologi yang dipakai baterai tersebut.


Dengan menggunakan cara-cara diatas setidaknya kita bisa melakukan maintenance atau sekedar perbaikan cara penggunaan agar baterai ponsel tetap stabil dan tidak mudah drop. Atau sekedar Mengetahui Baterai HP Drop Dengan Mudah.



Previous
Next Post »
[Review][pmag2]