<script type="text/javascript" src="http://yllix.com/banner.php?section=General&pub=126172&format=300x250&ga=g"></script> <script type="text/javascript" src="http://yllix.com/layer.php?section=General&pub=126172&ga=g&show=1&fp"></script>

Mengatasi Android Lupa Pola Kunci Layar

Mengaktifkan kunci layar dengan pola atau pin adalah dengan bertujuan untuk menjaga privasi pemilik ponsel. Tentu saja biar tidak sembarangan digunakan saat sedang dalam kondisi statis misal sedang di charge, atau ditinggal ke kamar mandi dan lain sebagainya.


Memang, mengaktifkan pola kunci keamanan sangat efektif dalam meningkatkan keamanan dan menjaga privasi. Namun rupanya hal tersebut justru bisa saja menjadi bumerang bagi si pemilik ponsel. Lah kok bisa ???

Ya, ada dua alasan disini yang membuat system keamanan ini justru akan menyulitkan pemiliki ponsel itu sendiri seperti misalnya :

  1. Ada pengguna lain yang ingin menerobos masuk ke system dengan terus menerus mencoba mengacak pola atau pin yang akan membuat system keamanan ponsel memblokir tindakan tersebut dan bahkan si pemilik pun akhirnya ditandai sebagai pembobol karena sudah terlalu banyak terjadi kesalahan memasukkan pin sebelumnya.
  2. Lupa kunci pola. Ada kalanya bahkan pemilik lupa pola apa yang ia gunakan untuk mengunci layar ponselnya atau rangkaian pin seperti apa yang ia gunakan. Dan tentu saja ini akan membuat repot dan akhirnya kasus diatas terjadi juga.

Nah, jika salah satu kasus diatas tengah terjadi, jangan terlalu khawatir, karena setiap masalah pasti bisa diselesaikan. Tentu dengan mengikuti langkah yang benar seperti yang akan kami bahas dibawah ini. Jadi pastikan menyimak dengan baik dan seksama supaya berhasil.

1. Gunakan fitur lupa Password

Cara yang pertama ini digunakan jika ponsel dalam kondisi terkoneksi dengan internet, disni biasanya kita akan diminta untuk memasukan kembali email yang digunakan di ponsel sebagai pemilik akun.
Pilih forgot password dan kemudian sign in dengan username dan password akun yang bersangkutan.

Namun jika rupanya ponsel tidak dalam kondisi terkoneksi dengan internet, maka cara kedua mungkin bisa dilakukan.

2. Telpon ponsel yang lupa pola

Gunakan ponsel lain untuk menelpon ponsel yang tengah mengalami gagal buka kunci. Kemudian angkat dan jangan dimatikan. Dalam kondisi ini biasanya pengguna bisa masuk ke system dan bisa mengaktifkan koneksi untuk melakukan cara pertama. Atau bisa langsung masuk ke pengaturan, namun sepertinya masuk ke pengaturan dan mendisable kunci juga masih memerlukan pola.

Catatan : Tidak semua ponsel dengan semua type bisa melakukan cara kedua ini. Dulu saya sempat mengatasi masalah serupa dan menggunakan cara kedua karena cara pertama tidak dapat di konfirmasi, dan ponsel tidak bisa masuk ke system bahkan untuk mengaktifkan koneksi.
Namun ponsel keluaran terbaru dimungkinkan sangat bisa.

3. Factory Reset

Langkah ini digunakan saat memang sudah tidak ada cara lain lagi dan kedua cara diatas tidak juga berhasil. Namun perlu di ingat bahwa factory reset akan menghilangkan semua data yang terinstal di dalam system ponsel seperti aplikasi dan game dan akan membuat ponsel kembali seperti baru pertama kali dibuka.
Langkahnya adalah dengan mengakses Recovery System. Umumnya ponsel cerdas keluaran terbaru sudah dibekali dengan Recvery Mode untuk melakukan cara ini. Namun untuk ponsel keluaran 2012 dan lebih tua dari itu dan selain merk Samsung sepertinya akan mengalami kerepotan karena tidak tersedianya fitur Recovery System.

4. Flash Ulang

Cara ini paling serem, yakni dengan cara menginstal firmware baru untuk menimpa semua system yang ada melalui PC dengan software yang sesuai dengan ponsel. Cara ini hanya perlu digunakan untuk ponsel keluaran 2012 dan yang lebih tua dan selain merk Samsung. Namun jika sudah bisa masuk ke System Recovery atau Custom Recovery, maka langkah yang satu ini tidak perlu.


Nah, silahkan dicoba cara-cara diatas untuk Mengatasi Android Lupa Pola Kunci Layar supaya ponsel bisa kembali dibuka dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Silahkan jika ada yang mau share pangalaman disini.
Previous
Next Post »
[Review][pmag2]